PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 5 Nomor 1 April 2021

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa di SD Negeri 1 Trusmi Wetan

Nur’aeni Nur’aeni (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Aiman Faiz (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Fanny Septiany Rahayu (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab adakah pengaruh pedagogik guru dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaf survey yang dengan fokus penelitian pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap keterampilan intelektual siswa di kelas V SD Negeri 1 Trusmi Wetan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah guru SD Negeri 1 Trusmi Wetan dan data sekunder siswa kelas V di SD Negeri 1 Trusmi Wetan. Secara umum, hasil penelitian ini pengaruh kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil uji hipotesis data variabel X (kompetensi pedagogik guru) terhadap keterampilan intelektual siswa menunjukan nilai t-hitung sebesar 2,548> t-tabel 1,724 dan besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keterampilan intelektual adalah = 0,012 atau 12 %  sehingga dianggap signifikan karena 0,012< 0,05. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan intelektual pada siswa SD Negeri 1 Trusmi Wetan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...