Tata kelola teknologi informasi (TI) merupakan bagian penting dalam suatu organisasi agar sasaran dan harapan dari tujuan penerapan TI dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI dari pelayanan publik Cerdas Command Center (C3). Pengukuran tingkat kematangan dari pelayanan publik C3 ini menggunakan framework COBIT 5.0 pada domain EDM, APO, dan DSS. Metode pengumpulan data untuk dapat mengetahui tingkat kematangan pada masing-masing domain dilakukan dengan wawancara secara langsung. Hasil yang didapat dari domain EDM dan APO yaitu mencapai level 3 (Established Process) dimana kedua domain ini memiliki hasil level tertinggi dari ketiga domain yang dipakai pada penelitian ini, sedangkan untuk domain DSS hanya mencapai level 2 (Managed Process). Dari masing-masing level yang diperoleh, semua proses pengerjaan pada TI di C3 baru sampai pada tahap perencanaan dan pelaksanaan saja dan C3 belum memiliki Standar Operasional Prosedur untuk dapat mengatur proses pengerjaan yang dilakukan, hal ini menyebabkan tingkat kematangan dari masing-masing domain yang digunakan belum bisa mencapai level selanjutnya.
Copyrights © 2020