Jurnal Teknik Industri : Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri
Vol 6, No 2 (2020): DESEMBER 2020

Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Metode Analisis Matrik BCG dan SWOT pada UKM Dilloka Pekanbaru

Ekie Gilang Permata (Unknown)
Suherman Suherman (Unknown)
Rahmi Aini (UIN SUSKA RIAU)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Startegi Pemasaran dapat menentukan tujuan perusahaan dalam mengambil kebijakan dan aturan yang dapat memberikan arahan sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing yang selalu berubah. Studi kasus ini pada perusahaan produksi berbagai macam hijab. perusahaan ini memiliki penjualan yang fluktuasi karena pemesanan konsumen yang tidak menentu setiap tahunnya dan munculnya pesaing dengan jenis hijab yang sama. Melihat banyaknya pesaing maka perusahaan ini harus mengetahui kondisi perusahaan dengan perhitungan matrik BCG dan mengetahui faktor eksternal (EFE) dfaktor internal (IFE) untuk menghadapi persaingan dengan hasil analisis SWOT. Hasilnya perusahan ini berada pada posisi Qustion Mark pada matrik BCG dengan tingkat pertumbuhan pasar 21% dan pangsa pasar relatif 0,69. Pada hasil perhitungan matrik IE perusahaan ini berada pada kuadran II yaitu perusahaan harus melakukan strategi tumbuh dan membangun. Hasil analisis SWOT dilakukan berdasarkan salah satu sifat nabi Muhammad adalah tabligh (menyampaikan). Kata Kunci:  Strategi Pemasaran, Matrik BCG, analisis SWOT

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

(ISSN : 2460-898X) JTI merupakan jurnal akademik yang dipublikasikan 2 kali setahun, meliputi bulan Juni dan Desember. Tujuan jurnal ini menyediakan tulisan yang memiliki yang fokus pada bidang Teknik Industri. lebih lanjut jurnal ini dipulikasikan oleh Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan ...