Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 4, No 1 (2021)

Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMK/MAK

Lenny Sapitri (Universitas Riau)
Syofni Syofni (Universitas Riau)
Elfis Suanto (Univeristas Riau)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang valid. Perangat yang dikembangkan adaah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi trigonometri (aturan sinus dan cosinus) untuk kelas X SMK/MAK. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development/R&D. Desain pengembangan yang digunakan ialah dengan model four-d (define, design, develop and disseminate). Data validitas perangkat pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator serta dievaluasi oleh tiga siswa SMK untuk mengevaluasi keterbacaan LKS. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. Perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning untuk materi trigonometri kelas X SMK/MAK dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...