Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
Vol 3, No 4 (2020): Volume 3 No 4 Desember 2020

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM DIPLOMA III KEPERAWATAN MELALUI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Raden Djadjang Afdoludin (uniersitas binawan)
HAR Tilaar (Universitas Negeri Jakarta)
Santosa Murwani (Universitas Negeri Jakarta)
Muhammad Arsyad Subu (Sarjah University Dubai, Uni Emirat Arab)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan konsep total quality management (TQM) dalam meningkatkan mutu Akademi Keperawatan Politeknik Kesehatan Jakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang melibatkan mahasiswa, staf pengajar, dan staf administrasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, focus group discussion dan seminar. Survei dilakukan sebelum tindakan siklus pertama untuk mendapatkan informasi tentang kondisi yang ada dan untuk mengidentifikasi potensi masalah. Hasil studi menunjukkan peningkatan kualitas institusi yang signifikan melalui empat pilar TQM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan. Kepuasan mahasiswa, kualitas akademik lulusan meningkat, yang menunjukkan fokus manajemen pada kepuasan pelanggan. Fasilitas pendidikan, Peningkatan pelayanan akademik dan administrasi menunjukkan telah dilakukan upaya peningkatan pelayanan kepada mahasiswa. Perbaikan kampus meningkat. Hal itu telah dilakukan pula peningkatan kualitas sumber daya manusia berupa pendidikan lanjutan sebagai honorarium. Oleh karena itu, implementasi pilar TQM secara terus menerus menjadi sangat penting. Keywords:  Total quality management, customer satisfaction, quality improvement, nursing. Abstrak: Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan konsep manajemen kualitas total (TQM) dalam meningkatkan kualitas Akademi Keperawatan, Poltekkes Kesehatan Jakarta. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus yang melibatkan mahasiswa, staf pengajar, dan staf administrasi akademi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, focus group discussion (FGD) dan seminar. Survey dilakukan sebelum siklus pertama dari tindakan untuk memperoleh informasi tentang kondisi yang ada dan untuk mengidentifikasi potensi masalah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan. Kepuasan mahasiswa, mutu lulusan akademik  meningkat, yang  menunjukan pengelolaan telah berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Fasilitas pendidikan, pelayanan akademik dan administrasi meningkat, menunjukan bahwa telah dilakukan upaya peningkatankan pelayanan kepada mahasiswa. Perbaikan lingkungan kampus meningkat. Telah dilakukan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bentuk pendidikan lanjutan sebagai penghargaan. Oleh karena itu pelaksanaan terus menerus dari pilar-pilar TQM  sangat penting. Kata kunci : Total qualitas manajemen, kepuasan pelanggan, peningkatan kualitas, Keperawatan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan [e-ISSN 2615-8574] was first published in 2018 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published four times a year, March, June, September, and December. We accept research articles within ...