Jurnal SOLMA
Vol. 10 No. 1 (2021)

Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti

Ali Sadikin (Universitas Jambi)
Asni Johari (Universitas Jambi, Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM.15 Mendalo Indah, Kec. Jaluko Kab.Muaro Jambi-Jambi 36361)
Jodion Siburian (Universitas Jambi, Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM.15 Mendalo Indah, Kec. Jaluko Kab.Muaro Jambi-Jambi 36361)
Ervan Johan Wicaksana (Universitas Jambi, Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM.15 Mendalo Indah, Kec. Jaluko Kab.Muaro Jambi-Jambi 36361)
Desfaur Natalia (Universitas Jambi, Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM.15 Mendalo Indah, Kec. Jaluko Kab.Muaro Jambi-Jambi 36361)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Background: Menulis karya ilmiah merupakan tuntutan guru dalam meningkatkan profesionalisme. Mendeley adalah salah satu aplikasi penulisan daftar pustaka yang diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis karya ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru-Guru di SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dalam menggunakan Mendeley Metode: Metode pelatihan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik. Kegiatan pertama yaitu memperkenalkan aplikasi mendeley, lalu menginstal aplikasi mendeley di laptop masing-masing peserta. Mengumpulkan referensi di aplikasi mendeley untuk dapat digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan terakhir menerapkan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Hasil: guru-guru dapat menggunakan aplikasi mendeley dengan baik dan benar sehingga dapat menunjang kegiatan menulis karya ilmiah. Dengan keterampilan tersebut guru akan mudah mencari literasi dan memudahkan dalam menulis daftar pustaka secara otomatis. Kesimpulan: guru-guru di SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dapat menggunakan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...