(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 4 No. 2 (2020)

Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Whole Languange untuk Siswa Kelas III SD/MI

susmawati susmawati (UIN STS Jambi)
Amirul Mukminin Al Anwari (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2020

Abstract

Dongeng merupakan materi dan metode paling menyenangkan dan memudahkan guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada pesertadidik. Dongeng dapat melatih keterampilan bahasa dan komunikasi peserta didik. Oleh karena itu, perlunya dikembangkan bahan ajar dongeng yang menarik sesuai dengan kebutuhan pesertadidik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku dongeng berbasis Whole Languange (buku siswa) dan buku petunjuk menggunakan buku dongeng berbasis Whole Languange (buku guru) untuk siswa kelas III SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan prosedur model Borg and Gall. Hasil validasi produk menyatakan 87,76% produk valid. Hasil analisis penerapan produk mendapatkan angka 92,00% (menarik), dan berdasarkan hasil wawancara sebagian besar peserta didik memberikan respon bahwa buku dongeng yang dikembangkan menarik. Sedangkanhasilobservasimenyatakanbahwabukudongeng yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan bahasa peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...