(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 4 No. 2 (2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS IV MI AL-ISTIQOMAH TELAGAWARU

Parziyah Parziyah (Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim NTB (Lombok Barat))



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Metode penemuan (discovery) merupakan salah satu metode yang mengembangkan belajar siswa aktif yang dapat digunakan dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Hitung BilanganMI Al-Istiqomah Telagawaru dengan menggunakan Metode Penemuan (discovery). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus yang dilakukan. Dimana pada siklus pertama aktivitas belajar siswa mencapai 2,19 dengan kategori cukup dan pada siklus kedua terjadi peningkatan dengan skor rata-rata 3,0 dengan kategori baik. Kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus pertama mencapai 50% dan pada siklus kedua terjadi peningkatan dengan persentasi ketuntasan 88,9%. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa MI Al-Istiqomah Telagawaru pada materi pokok sifat-sifat operasi hitung bilangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...