Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 6, No 2 (2020)

Integrasi Project Based Learning dalam Science Technology Engineering and Mathematics untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika

Jatmika, Surya (Unknown)
Lestari, Sri (Unknown)
Rahmatullah, Rahmatullah (Unknown)
Pujianto, Pujianto (Unknown)
Dwandaru, Wipsar Sunu Brams (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning (PjBL) berbasis science technology engineering and mathematics (STEM) terhadap kemampuan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment dengan jenis one-group pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok (kelas) dengan teknik pengambilan sample random (acak). Kelas yang digunakan, yaitu kelas X MIPA 4 di SMA N 1 Yogyakata.  Responden penelitian sebanyak 36 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil tes awal dan tes akhir. Semua indikator keterampilan proses sains yang diukur juga mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji-t one group pretest and posttest menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEM mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan PjBL berbasis STEM secara keseluruhan sebesar 78,21%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM dalam pembelajaran fisika memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...