Jurnal Sains dan Informatika
Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Sains dan Informatika

Path Analisis Technology Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning

Wawan Laksito Yuly Saptomo (STMIK Sinar Nusantara)
Elistya Rimawati (STMIK Sinar Nusantara)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Model pembelajaran Blended Learning adalah sistem yang mengkolaborasikan pembelajaran tatap muka kelas dengan pembelajaran online memanfaatkan E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan dan perilaku peserta didik terhadap teknologi dari model pembelajaran Blended Learning. Variabel yang dikembangkan merujuk pada Technology Acceptance Model (TAM), yaitu model penerimaan pengguna terhadap sistem informasi. Model TAM dikembangkan dari teori psikologis yang menjelaskan bahwa perilaku pengguna sistem berlandaskan pada kepercayaan, sikap, keinginan, dan hubungan perilaku pengguna. Data yang diperoleh dianalisis hubungan struktur variabel dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil Analisa PLS dan Boostraping diperoleh nilai Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung, dan Pengaruh tidak langsung sesuai jalur spesifikasi melalui variabel intervening (Spesific Indirect Efect).

Copyrights © 2020