JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 1 (2021)

Analisis Kepuasan Konsumen Sayur dalam Sistem Pembelian Online di CV. Kira Ermina Tulungagung

Siti Mua Fika Rohmah (University of Muhammadiyah Malang)
Istis Baroh (Unknown)
Bambang Yudi Ariyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Hortikultura terutama sayuran merupakan hasil pertanian yang mudah rusak apabila setelah dipanen tidak ditangani dengan baik. Saat ini pemasaran hasil pertanian dapat dilakukan dengan penjualan secara online, dimana perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain  produk, harga, dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen sayur dalam sistem pembelian online; (2) Mengetahui pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sayur dalam sistem pembelian online di CV. Kira Ermina. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 75 responden. Pengukuran variabel menggunakan skala likert, serta teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan bantuan software warpPLS 6.0.  Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel produk, harga, dan kualitas pelayanan dengan R² sebesar 0.779.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...