Solidaritas
Vol 4, No 2 (2020)

Penggunaan Instagram Sebagai Referensi Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015)

Rahayuningtyas, Yolanda Erika (Unknown)
Nurati, Dian Esti (Unknown)
Siswanta, Siswanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana penggunaan instagram sebagai sarana referensi kuliner pada mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNISRI angkatan 2015. Instagram menjadi salah satu media sosial dengan banyak pengguna, termasuk bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI instagram cukup diminati untuk mencari beragam informasi yang salah satunya merupakan informasi kuliner.. Dalam penelitian ini, menggunakan teori media baru, media sosial, instagram, serta teori penggunaan media yang ditambah sedikit teori referensi. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis data Huberman dan Miles. Verifikasi data diperoleh dengan triangulasi data. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak dipilih oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI 2015 dalam mencari referensi kuliner, serta penggunaan Instagram sebagai sarana referensi kuliner dinyatakan menimbulkan kepuasan bagi penggunanya juga dapat memenuhi kebutuhan dalam mencari referensi kuliner bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015 Kata kunci: penggunaan, instagram, referensi kuliner

Copyrights © 2020