ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
Vol 4, No 1 (2018): Mei

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 19 MATARAM.

M. Isnaini (M. Isnaini1*, Atik Puspita2, Linda Sekar Utami3, Ni Wayan Sri Damayanti4)
Atika Puspita (Unknown)
Linda Sekar Utami (Unknown)
N.W.S Darmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian untuk:  (1)  mengembangkan media pembelajaran pohon pintar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP 19 Mataram kelas VII, (2) mengetahui  peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pohon pintar. Penelitian ini merupakan jenis  penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, untuk mengukur kualitas media yang dikembangkan. Angket minat belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa pohon pintar memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media pohon pintar  yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 86% bila dibandingkan sebelum menggunakan pohon pintar yaitu sebesar 53%. Peningkatan motivasi belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,70. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis pohon pintar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

orbita

Publisher

Subject

Education Physics

Description

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, ...