Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 3, No 2: Juli 2020

Penerapan Asesmen Alternatif Pada Kegiatan Pembelajaran Dalam Kurikulum PAUD

Aghnaita, Aghnaita (Unknown)
Muzakki, Muzakki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait penerapan asesmen alternatif pada kegiatan pembelajaran dalam kurikulum PAUD. Asesmen memiliki peranan yang krusial dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran anak usia dini. Asesmen juga tidak hanya memiliki fungsi secara komprehensip yang berfokus pada hasil, namun juga terhadap proses pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Adapun hasil yang diperoleh yaitu bahwa asesmen alternatif merupakan salah satu karakteristik yang terdapat dalam kurikulum PAUD. Asesmen alternatif dapat dilakukan pada berbagai jenis kegiatan yang diberikan kepada anak dalam rangka menyiapkan dan meletakkan dasar-dasar pengembangan diri anak. Seperti: kegiatan seni, musik dan gerakan, bermain peran, sains, matematika dan manipulatif, dan literasi. Melalui penerapan asesmen alternatif inilah berbagai perkembangan anak usia dini dapat diobservasi dan diasesmen secara baik maupun optimal. Selain itu, perkembangan anak dapat terkontrol lebih efektif dan efisien serta menjadi informasi dalam melakukan upaya peningkatan maupun perbaikan terhadap setiap proses yang telah dilewati oleh anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...