Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana transformasi layanan PAUD yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar daring selama masa pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana transformasi layanan PAUD pada masyarakat miskin di pedesaan terkait pembelajaran daring akibat dari adanya pandemi COVID19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam transformasi pembelajaran daring ini pendidik dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan dengan menggunkan berbagai jenis aplikasi pembelajaran online, kemudian orang tua diharapkan menjadi role model dalam pendampingan belajar anak, serta pembelajaran luring dilakukan melalui metode kunjungan dari rumah ke rumah untuk menutup kekurangan pembelajaran daring yang mengalami beberapa kendala.  Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai referensi bagi guru PAUD yang telah menerapkan pembelajaran saat pandemi covid 19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan bagi pemerintah Indonesia terkait bentuk pelayanan dan model pendidikan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat khususnya pada jenjang anak usia dini.
Copyrights © 2021