IQRO: Journal of Islamic Education
Vol 4, No 1 (2021): JULI 2021

Analisis Teknik Evaluasi Guru Pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah

Hasnia Hasnia (Unknown)
Muhazzab Said (Unknown)
Nursaeni Nursaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2021

Abstract

artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan dan bentuk teknik evaluasi guru dalam mengukur hasil  belajar siswa pada Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitiann ini menggunakan penelitian lapangan (field reseerch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan objek penelitian ini adalah Analisis Teknik Evaluasi Guru pada pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa pelaksanan evaluasi  yang dilakukan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, hanya menggunakan 2 (dua) teknik evaluasi  yaitu evaluasi  formatif yang hanya menilai  peserta didik di akhir  semester dan evaluasi sumatif itu hanya mengevaluasi peserta didik  di setiap akhir materi  yang berjalan (ulangan harian). Bentuk tes evaluasi yang digunakan guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo umunya  menggunakan  bentuk tes subjektif  berupa tes uraian atau essai, lisan atau tulisan dan sebagian kecil menggunakan bentuk objektif (pilihan ganda). Hasil belajar siswa dapat diketahui dengan cara pemberian tugas-tugas, seperti tugas praktek tugas ulangan harian, diskusi dan ulangan akhir yang di berikan oleh guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan aspek-aspek juga penting dalam mengevaluasi peserta didik aspek-aspek seperti aspek ranah kognitif, psikomotorik, afektifnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...