RAUDHAH
Vol 9, No 1 (2021): RAUDHAH

Metode Proyek dan Pengaruhnya Terhadap Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura

Masganti Sit (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurussakinah Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Fatmah Manik (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kerjasama anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini berjenis quasy experimental design tipe non equivalent control group sehingga sampel yang diteliti yaitu 24 orang anak usia 5-6 tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura yang terdistribusi pada dua kelas. Kelas eksperimen menerapakn metode proyek dan kelas kontrol menerapkan metode demonstrasi (metode yang biasa digunakan di Al-Anshar Tanjung Pura). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan rubrik penilaian kerjasama. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) anak pada kelas eksperimen setelah menerapkan metode proyek mempunyai kriteria kerjasama berkembang sangat baik; (2) anak pada kelas kontrol setelah menerapkan metode demonstrasi seperti proses pembelajaran biasanya mempunyai kriteria kerjasama berkembang sesuai harapan; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode proyek tehadaap kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura.

Copyrights © 2021