Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 4, No 1 (2021): April

Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar

Muhamad Romadhon (Universitas Trilogi)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)
Mohamad Syarif Sumantri (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Kebijakan pendidikan inklusi masih dipandang belum maksimal dilihat dari pengelolaan maupun implementasinya. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar negeri Sunter Jaya 03 Jakarta Utara, serta upaya atau solusi apa yang telah diupayakan kepala sekolah dan guru untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dapat diketahui faktor pendukung dari kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar adanya kerjasama antara kepala sekolah, guru, dinas pendidikan dan masyarakat untuk mendukung berjalannya program pendidikan inklusi. Meskipun pada implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar masih ditemukan beberapa kendala, akan tetapi kepala sekolah, guru, dinas pendidikan dan masyarakat terus berupaya melakukan kerjasama untuk melakukan peningkatan pengelolaan dan implementasi agar dapat memberikan solusi dan layanan yang tepat bagi siswa pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus sebagai upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...