ASALIBUNA
Vol 4, No 2 (2020): Vol 4, No 2 (2020)

Developing Teaching Material of Vocabulary Through Singing For Seventh Grade of Islamic Junior High School of Hidayatus Sholihin

Cholifah, Nur (Unknown)
Huda, Miftakhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan siswa dalam Pelajaran Bahasa Arab, pada dasarnya dalam pembelajaran bahasa asing, kosa kata merupakan salah satu dari tiga unsur bahasa yang sangat penting dikuasai. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar kosa kata dengan media lagu di Mts Hidayatus Sholihin serta melihat efektifitas dari buku yang dikembangkan.Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pengembangan Bahan Ajar Mufrodat dengan metode bernyanyi untuk kelas 7 di Mts Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. 2) Efektivitas penerapan Bahan Ajar Mufrodat dengan metode bernyanyi untuk kelas 7 di Mts Hidayatus Sholihin Gurah Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, angket dan tes.Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil pengembangan produk berupa buku pendamping untuk pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas 7 yang berisi kosa kata yang disusun sesuai dengan nada lagu. Adapun hasil validasi dari para ahli untuk menilai produk sebagai berikut: hasil dari ahli materi  83, 07 %, hasil dari ahli media 93, 84 %, dan dari praktisi pembelajaran bahasa arab 98, 33 % berdasarkan paparan data tersebut maka pembelajaran mufrodat dengan metode bernyanyi dinyatakan sangat baik. 2) hasil Uji-T, hasil t-hitung antara nilai pretest dan post test sebesar 3, 262 sedangkan hasil t-tabel sebesar 2, 015. Maka dapat disimpulkan t-hitung > t-tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil pembelajaran mufrodat di kelas 7 Mts Hidayatus Sholihin sebelum menggunakan metode bernyanyi dengan sesudahnya. Dari nilai eksperimen tersebut dapat disimpulkan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat  untuk kelas 7 di Mts Hidayatus Sholihin di nyatakan “efektif”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

asalibuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ASALIBUNA adalah Jurnal yang membahas dan mendiskusikan perkembangan keilmuan bahasa Arab dan pembelajarannya. Jurnal ASALIBUNA hadir untuk mengakomodir pemikiran-pemikiran kritis, kreatif dan inofatif dari para dosen, guru dan praktisi bahasa Arab di Indonesia khususnya di IAIN Kediri. ...