SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 3, No 3 (2020): July - December

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) SEBAGAI E-SERVICE DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2)

Razak, Mashur (Unknown)
Hidayat, Muhammad (Unknown)
Arwien, Riswin Arwien (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa apakah Pegadaian Digital Service (PDS) dipilih sebagai User Generated Content (UGC) efektif untuk memberikan Kemudahan dan manfaat penggunaan bagi Nasabah Pegadaian pada PT. Pegadaian Unit Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner secara online yang disebarkan kepada 94 responden untuk mengeetahui persepsi nasabah atas Pegadaian Digital Service (PDS) melalui pendekatan Tecchnology Acceptance Model 2 (TAM-2). analisa data dlakukan dengan menggunakann statistik deskriptif dan analisis jalur . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan indikator tertinggi dengan nilai sebesar 35% pada variabel Kualitas Hasil (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap Kegunaan Penggunaan (Y1); Indikator terendah memiliki nilai sebesar 7,7% pada variabel Persepsi Pandangan (X2) yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan Penggunaan (Y1). Keseluruhan hasil juga menunjukkan bahwa Pegadaian Digital Service (PDS) dapat diterima oleh pengguna sebagai platform yang berguna untuk memudahkan dalam bertransaksi gadai secara online. Kata kunci : Pegadaian Digital Service (PDS), E-Service, Technology Acceptance Model 2, Persepsi pengguna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...