SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 3, No 3 (2020): July - December

PENGALAMAN BERBELANJA DI E-COMMERCE TERHADAP NIATAN MAHASISWA UNTUK MENGADOPSI E-COMMERCE DI MASA DEPAN: PENDEKATAN TAM DAN SELF-EFFICACY

Okto Aditya Suryawirawan (PPs STIE Amkop Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara TAM dan e-commerce adoption dengan moderasi self-efficacy mahasiswa di Surabaya. Penilitian ini menggunakan Teknik non-probability purposive sampling terhadap 157 mahasiswa. Kriteria sampel adalah mahasiswa yang menggunakan aplikasi e-commerce. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistic partial least square dengan software SMART PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use namun hanya self-efficacy terhadap perceived ease of use yang menunjukkan hasil signifikan. Variabel perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap attitude namun hanya perceived usefulness terhadap attitude yang menunjukkan hasil signifikan. Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap perceived usefulness. Perceived usefulness, perceived ease of use dan attitude berpengaruh positif terhadap e-commerce adoption namun hanya perceived ease of use dan attitude yang menunjukkan hasil yang signifikan. Self-efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh attitude terhadap e-commerce adoption. Kata-kata Kunci: self-efficacy, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, e-commerce adoption.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...