PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA KELAS MAYA MELALUI LMS SISFO

Tahrun Tahrun (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Abstrak Isu utama pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Universitas PGRI Palembang adalah bagaimana merancang pembelajaran untuk diimplementasikan melalui Learning Management System (LMS) yang disediakan, yaitu Sisfo untuk menjamin kualitas pembelajaran kelas maya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model pembelajaran berbasis konstruktivisme untuk diimplementasikan pada kelas maya melalui LMS tersebut. Prosedur R & D digunakan dalam penelitian yang diawali dari analisis kebutuhan mahasiswa dan diakhiri dengan produk akhir model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas maya harus dilakukan secara fleksibel, interaktif, komunikatif, menyenangkan dan terkendali. Peran pendidik sebagai fasilitator dan pengendali sedangkan peran peserta didik sebagai negosiator ide. Pembelajaran setiap matakuliah dibagi menjadi  beberapa Kegiatan Belajar (KB). Setiap KB mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan inti dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dalam mengkonstruksi pengetahuan oleh peserta didik melalui membaca, mengamati dan memahami bahan ajar; mengkonumikasikan hasil pemahaman melalui diskusi; dan melakukan kegiatan refleksi. Dosen disarankan untuk menggunakan model tersebut dalam merancang pembelajaran kelas maya. Kata Kunci: model pembelajaran, konstruktivisme, kelas maya, dan learning management system AbstractThe main issue of instruction in the pandemic era of covid-19 at Universitas PGRI Palembang was  how to design an instruction through  LMS (Learning Management System) called Sisfo in order to guarantee the quality of virtual class. The purpose of this research was to produce a constructivism based-learning model for virtual class throuh this LMS. The procedure of R & D was implemented. The research result showed that a virtual class instruction should be conducted in flexible, interactive, communicative, pleased, and controlled manner. The lecturers shoul play their role as facilitators and controllers, while the students are as negotiators of ideas. The subject instruction should be divided into several learning activities covering the stages of pre, whilst  and post activities of each. Whilst-learning activities are designed to give students learning experiences in constructing knowledge through reading, observing and comprehending learning material; communicating ideas through discussion; and doing reflection. The lecturers are suggested to implement this developed model in designing their virtual class instruction. Keywords: learning model, constructivism, virtual class, and learning management system

Copyrights © 2021