JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Ita Nur Faizah (Unknown)
Waspodo Tjipto Subroto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa pengaruh kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar ekonomi kelas X,XI, dan XII IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan quantitative appoarch. Populasi terdiri dari seluruh siswa IPS SMA Negeri 14 Surabaya dengan total 350 siswa dan jumlah sampel sejumlah 177 siswa. Data dihimpun melalui kuesioner untuk mendapat informasi mengenai kemandirian belajar siswa serta dokumentasi guna mendapatkan data jumlah siswa dan hasil belajar ekonomi siswa. Data diolah memakai analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 23. Hasil pengolahan data memperlihatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi. Kemandirian belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 57,5%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...