JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PERUBAHAN PROFIL KONSEPSI IPA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL MODIFIKASI CAM (CONCEPT ATTAINMENT MODEL) DI SDN PACARKEMBANG I/192 SURABAYA

Didin Susiati (Universitas Negeri Surabaya)
Muslimin Ibrahim (Universitas Negeri Surabaya)
Utiya Azizah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan profil konsepsi IPA peserta didik menggunakan model modifikasi CAM (Concept Attainment Model) yang diujicobakan pada 15 peserta didik kelas V SDN Pacarkembang I/192 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen one group pretetst posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan Three Tiers Test dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk memaparkan konsepsi IPA peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model modifikasi CAM sangat baik dan terjadi perubahan profil konsepsi peserta didik. Secara keseluruhan rerata hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi IPA peserta didik saat pretest sebesar 74%, kemudian turun menjadi 37% saat posttest, dan mengalami penurunan lagi saat diberikan test retensi menjadi 25%. Selain itu, persentase pemahaman konsepsi IPA peserta didik saat pretest sebesar 9%, kemudian menjadi 55% saat posttest, dan saat diberikan test retensi menjadi 71%. Begitu juga peserta didik yang tidak memahami konsep juga mengalami perubahan persentase saat prestest 16.8%, posttest 8.6% dan saat tes retensi sebesar 4.7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran denganmenggunakan model modifikasi CAM dapat mengubah profil konsepsi IPA peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...