AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang

Nurhidayani Nurhidayani (SMK N 1 Padang)
Wakhinuddin Simatupang (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the use of cooperative learning model Assisted Individualuization Teams (TAI) can improve student learning outcomes on the subjects of class X Pictures of Automotive Engineering Department of Automotive Light Vehicle SMK Negeri 1 Padang. This type of research is the study design Quasi Experiment, Experiment Quasi design used is Nonequivalent Control Group Design. Overall that experimental class is better than the control class with a percentage of 5.2% influence. Thus it can be concluded that there is the effect of the use of TAI learning model to increase the results of class X student on subjects Picture of Automotive Engineering at SMK Negeri 1 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualuization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan desain Quasi Experiment, desain Quasi Experiment yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase pengaruh sebesar 5,2%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Padang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aeej

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Education Energy Transportation

Description

Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. ...