Jurnal Edukasi AUD
Vol 6, No 1 (2020): Juni

Nilai-nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi

Eko Suhendro (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Syaefudin Syaefudin (UIN SUNAN KALIJAGA)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan pendidikan inklusi terhadap anak yang memiliki potensi kecerdasan yang istimewa. Serta untuk mengetahui apakah Guru PAUD inklusi sudah menerapkan konsep pendidikan yang mengedepankan sisi kemanuasiaan atau belum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan. Pengumpulan data diperoleh melalui studi analisis literatur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, verifikasi data, dan penegasan kesimpulan. Temuan penting dalam penelitian ini adalah adanya nilai-nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh setiap pendidik, dalam memposisikan dirinya sebagai fasilitator bagi anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Guru pada PAUD inklusi harus memiliki nilai–nilai kemanusian, yang meliputi: a) Kesadaran bahwa semua anak terlahir sama, b) Mendidik dengan profesional, c) Memandang anak berkebutuhan khusus itu istimewa, d) Mendidik karena peduli, e) Mendidik dengan cinta, f) Mendidik melalui keteladanan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalaud

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism ...