Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Vol 3, No 3 (2020): Juli - September 2020

Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung

Adriansyah, Dani (Telkom University)
Saputri, Marheni Eka (Telkom University)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Era globalisasi ditandai dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi. Gojek menjadi salah satu contoh perusahaan berbasis teknologi yang inovatif. Gojek mempunyai fitur dalam aplikasinya yaitu Go-Food yang merupakan layanan food delivery. Go-Food mempunyai banyak kompetitor sehingga harus selalu menwarkan promo menarik agar dapat menarik konsumen dan menjadikan Go-Food sebagai layanan food delivery yang dipilih oleh masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian pada pengguna Go-Food di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik samplingĀ  menggunakan teknik non probability samplingĀ  jenis purposive sampling, yang melibatkan 100 responden dengan rumus Bernoulli.. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis deskriptif promosi penjualan, keputusan pembelian dengan dan kepuasan pelanggan berada dalam kategori baikĀ  Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Promosi Penjualan berperngaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 49%, Keputusan Pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 45,2%, Promosi Penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 9,3%, Promosi Penjualan secara tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian sebesar 47,1%

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal dari Multi dan lintas disiplin dalam bidang dunia usaha, bisnis, entrepreneurship, dan industri dengan format Bauran (mix) Artikel : Hasil Riset (full reaserch), mini riset, novelty, ...