Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Vol 3, No 3 (2020): Juli - September 2020

Strategi Pengembangan Pop Balado dengan Metode BMC

Putra, Wiwiet Tristiyanto (Pop Balado)
Suwandi, Suwandi (Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat yang membeli dengan cara online dibandingkan offlinemenjadi salah satu peluang tersendiri dan semakin tegas. BPS mencatat pada bulan April 2020, penjualan tertinggi dipegang Makanan dan Minuman yang melonjak tajam 1070% dari penjualan di bulan Januari 2020. Pop Balado adalah rencana bisnis yang berlokasi di Perumahan Sahara Indah Permai, Bekasi Utara; dengan penawaran produk makanan ringan berbalado kering yang khas dengan pembumbuan balado bukan dengan bubuk cabai instan, menggunakan platform digital yang ada saat ini (toko online,whatsapp, instagram, facebook, shopee, GoFood, dan GrabFood).Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif yang disusun berdasarkan informasi yang diperoleh dari studi literaturdan model bisnis yang diterapkan, dengan instrumen Business Model Canvas. Penilaian kelayakan rencana bisnis Pop Balado dilakukan dengan parameter analisis NPV, Payback Period, dan IRR. Dalam kelayakan bisnis, proyeksi arus keuangan selama lima tahun menunjukkan NPV positif sebesar Rp. Rp. 167.039.432dan IRR sebesar 45,09% dengan Payback Periodselama kurang lebih 1 Tahun 9Bulan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal dari Multi dan lintas disiplin dalam bidang dunia usaha, bisnis, entrepreneurship, dan industri dengan format Bauran (mix) Artikel : Hasil Riset (full reaserch), mini riset, novelty, ...