Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember 2020

BUSINESS PLAN LAUNDRY BERBASIS ONLINE “MBOK LAUNDRY KILOAN CAWANG”

Ismail, Amir (Universitas Bakrie)
Suwandi, Suwandi (Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

DKI Jakarta merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia dengan jumlah tingkat kepadatan penduduk sebesar 92,736 jiwa/ km2. Di era global ini kecanggihan teknologi dan media digital sangat banyak digunakan untuk mendukung usaha, termasuk dalam usaha laundry. Usaha laundry termasuk kedalam bisnis UMKM. Laundry merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Mbok Laundry Kiloan Cawang terletak di wilayah cawang, Jakarta Timur. Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan media sosial seperti aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook untuk melakukan media pemasaran maupun promosi. Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan dua metode pembayaran laundry, yaitu dengan konvensional (bayar ditempat) dan dengan pembayaran digital (ATM, Mobile Banking, OVO, Gopay). Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan analisis SWOT sebagai instrument untuk penerapan dan pengembangan strategi bisnis ke depannya. Penilaian kelayakan rencana bisnis Mbok Laundry Kiloan Cawang dilakukan dengan parameter analisis ratio B/C dan Payback Period. Hasil penilaian menunjukan ratio B/C berada di angka 2,56 dengan Payback Period selama 1 tahun 2 bulan. Hasil ini menandakan kelayakan bisnis Mbok Laundry Kiloan Cawang untuk dapat dijalankan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal dari Multi dan lintas disiplin dalam bidang dunia usaha, bisnis, entrepreneurship, dan industri dengan format Bauran (mix) Artikel : Hasil Riset (full reaserch), mini riset, novelty, ...