Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2020 "Peranan Strategis Teknologi Dalam Kehidupan di Era New Normal"

PENINGKATAN PENJUALAN UMKM SAMBAL MAK SUM MELALUI INOVASI BRANDING PRODUK DAN PEMASARAN

Iriananda, Syahroni Wahyu Iriananda Wahyu (Unknown)
Putra, Rangga Pahlevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Pada masa pandemik Covid 19 ini, masyarakat mengalami krisis kesehatan sekaligus ekonomi. Banyak perusahaan dan bisnis lain harus terhenti atau berproduksi setengah kapasitas, karena berbagai faktor seperti harus mematuhi protokol kesehatan, pasar lesu, pasokan bahan baku terhenti dan sebagainya. Oleh karena itu, keberadaan UMKM sangat diharapkan untuk tetap menggerakkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja. UMKM diidentifikasi paling lincah dalam hal penyesuaian dengan keadaan yang extra ordinary ini. Masalahnya, diperlukan kehadiran negara melalui akademisi guna memberikan wawasan, pelatihan, pendampingan dan inovasi teknologi, agar UMKM bisa tetap survive ditengah pandemik, bahkan bisa berkembang seterusnya. Oleh karena itulah, Program Pemberdayaan Masyarakat Skema UMKM ini diajukan, untuk membantu UMKM sebagai mitra Perguruan Tinggi kami. UMKM Sambal Mak Sum yang menjadi mitra kami mempunyai permasalahan pada proses pemasaran, yaitu branding produk yang kurang menarik baik logo dan kemasan serta digitalisasi pemasaran yang belum optimal. Solusi yang diberikan tim adalah inovasi teknologi untuk meningkatkan kapasitas produksi, pelatihan dan pendampingan optimalisasi pemasaran digital.  Tujuan dari pengabdian ini agar produk yang dihasilkan mitra terlihat lebih menarik dari sisi branding agar dan bisa bersaing dengan produk sejenisnya.

Copyrights © 2020