Jurnal Vokasi Indonesia
Vol 8, No 2: July - December 2020

Pengaruh Terpaan Informasi di Media Sosial terhadap Sikap Followers (Studi pada Informasi Prostitusi Tentang Seungri Eks Big Bang di Twitter di kalangan Followers @SeungriID)

khairunnisa Devani Aqtus Permana Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Media sosial merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menggali informasi dan berkomunikasi dengan sesama penggunanya. Semakin berkembangnya zaman media sosial menjadi media utama yang digunakan bagi individu untuk memperoleh informasi dari berbagai portal informasi. Salah satunya Korean Pop yang menjadikan Twitter merupakan media penggerak utama Korean Wave. Big Bang salah satunya. Big Bang yang menjadi King of K-Pop tidak menutup kemungkinan akan hadirnya masalah di group mereka. Salah satunya adalah kasus prostitusi yang dilakukan oleh Seungri. Informasi di media sosial dapat membentuk sikap seseorang yang ditimbulkan dari media sosial. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan informasi di media sosial dengan dimensi frekuensi, durasi dan atensi. Sedangkan variabel sikap mempunyai dimensi kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Hasil penelitian ini yang dilakukan adalah adanya pengaruh yang lemah antara terpaan informasi prostitusi tentang Seungri Eks Big Bang di media sosial Twitter terhadap Sikap Followers @SeungriID sebesar 0,235 atau sebesar 23.5%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jvi

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi Indonesia is a applied and scientific journal which publishes original articles on new knowledge, research or applied research and other development related to vocational issue. The journal is published by Vocational Program universitas Indonesia and provides a broad-based forum for ...