Comm-Edu (Community Education Journal)
Vol 3, No 3 (2020): Volume 3 Nomor 3, September 2020

PENGARUH KEDISIPLINAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU

Windi Purwati Aprileoni (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)
Dita Rulina (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)
Refo Seftiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan, pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Bojongpicung. Penelitian ini menggunakan pendekatan rumus slovin dengan populasi sampel yang diambil dari seluruh guru di SMK Negeri 1 Bojongpicung sebanyak 85 orang. Lalu  menggunakan rumus slovin dengan total sebanyak 77 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu : disiplin kerja (X1) pendidikan dan pelatihan (X2) dan satu variabel terikat yaitu : kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan bantuan SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan, pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Bojongpicung dengan kontribusi sebesar 80,6%, selebihnya sebesar 19,4% kinerja guru  SMK Negeri 1 Bojongpicung ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

comm-edu

Publisher

Subject

Education

Description

Comm-Edu Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...