JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik

Susanti, Santi (Unknown)
Lian, Bukman (Unknown)
Puspita, Yenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik, implementasinya dan hasil dari implementasi tersebut di SD Negeri 12 Betung. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data observasi dan wawancara menunjukkan bahwa 1) strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik yaitu a) pengintegrasian ke dalam kegiatan intrakurikuler, b) pengintegrasian ke dalam kegiatan ekstrakurikuler; c) pembiasaan di sekolah; 2) implementasi strategi tersebut a) mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam setiap mata pelajaran atau tema dan muatan lokal; b) mengintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Negeri 12 Betung antara lain pramuka, dokter cilik, dan drumband dengan cara pemberian motivasi, pemberian nasihat, pemberian penghargaan atau hadiah, pemberian sanksi dan keteladanan; c) keteladanan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan pengkondisian; 3) hasil implementasi strategi tersebut dapat dilihat pada a) penilaian afektif, b) nilai rapor siswa, dan c) buku konseling. Dari ketiga penilaian di atas hasil implementasi strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan di SD Negeri 12 Betung termasuk kategori baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...