JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Meningkatkan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif Melalui Supervisi Klinis

Sarpiati, Sarpiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali dan mengungkapkan informasi tentang upaya meningkatkan kemampuan guru-guru mata pelajaran ujian nasional dalam melaksanakan proses pembelajaran yang berpusat pada kegiatan siswa (student centered) di SMAN 1 Tapung Hilir. penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Sekolah melalui supervisi klinis yang bertujuan memperbaiki pola pembinaan guru kelas oleh pengawas sekolah, sehingga kemampuan guru-guru dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, peningkatan Kemampuan guru-guru mata pelajaran ujian nasional dalam mengelola Proses pembelajaran aktif di SMAN 1 Tapung Hilir mengalami peningkatan sebesar 22,89 poin atau terjadi peningkatan dari kemampuan rata-rata 53,08 (kurang) menjadi kemampuan pada tingkat 75,97 (baik) pada siklus II

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...