JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD

Umroh, Maya Sari (Unknown)
Harni, Harni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan dilapangan yang menunjukan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Make A Match di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B sebanyak 8 orang SDN 64/VII Sukasari II. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa a) RPP menunjukkan hasil peningkatan pada pengamatan RPP siklus I adalah 80,55%, pada siklus II menjadi 91,66%. b) nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 84,71%, pada siklus II 97,22%. c) nilai rata-rata aspek siswa pada siklus I 80,55%, pada siklus II 94,44%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,06% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,54%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...