JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK di Sekolah Dasar

Safriadna, Mila (Unknown)
Ariani, Yetti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik cluster sampling dengan sampel siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa di SDN 12 Gunung Tuleh. Data hasil belajar FPB dan KPK dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 5,084 sedangkan ttabel pada taraf signifikan ? 0,05 adalah 1,67155, sehingga thitung > ttabel.. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, d terbukti bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD Gugus II Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...