JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 Sungai Geringging

Rientika Adma (Unknown)
Syafri Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatam hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan di kelas V SDN 04 Sungai Geringging. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 83,33% (B) menjadi 97,22% (A), aktivitas guru dari 82,81% (B) menjadi 93,75% (A), aktivitas siswa dari 82,81% (B) menjadi 93,75% (A), dan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan yaitu 73,09 menjadi 92,09, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 70,04 menjadi 93,94.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...