JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Apakah Supervisi Akademik dapat Membantu Guru dalam Meningkatkan Kompetensinya pada Guru Baru dan Non-Kependidikan Pada SMA Negeri 4 Tanah Putih

Hariadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2021

Abstract

Kompetensi guru baru dan non-kependidikan belum maksimal oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkatkan kompetensi guru baru dan non-kependidikan di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Subjek Penelitian ini adalah 5 orang guru yaitu: guru mata pelajaran Sosiologi, Agama, Fisika, PKn, dan Matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) evaluasi dan refleksi. Dilakukan minimal dalam dua siklus. Hasil penelitian pada komponen Perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 40 % pada kemampuan awal, menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70% pada akhir kegiatan.Pada Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran, terdapat peningkatan kemampuan dari 65% menjadi 70% setelah siklus 1 dan lebih menguat menjadi 80%. Dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 40% menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 75% setelah siklus 2.Meskipun tidak terlihat adanya peningkatan yang cukup tajam, dalam komponen pemilihan Media dan alat pembelajaran juga terdapat adanya peningkatan dari 60% pada awal kegiatan dan setelah siklus 1, menjadi 80% setelah siklus 2.Peningkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen perencanaan evaluasi pembelajaran. Dari yang semula hanya 40% pada awal kegiatan, menjadi 60% pada akhir siklus 1 dan berhasil mencapai 70% pada akhir siklus 2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...