Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi seluruh siswa. Jumlah subjek penelitian sebanyak 230 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kontrol diri yang berdasarkan aspek dari Tangney dan skala prokrastinasi akademik berdasarkan aspek dari Ferrari. Data diolah menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi, didapatkan koefisien dari kontrol diri dengan prokrastinasi akademik sebesar -0.656 dengan signifikan p = 0.00 (p<0.05). Hal ini menunjukan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa pengguna media sosial. Berdasarkan temuan tersebut disarankan agar siswa mampu mempertahankan kemampuan kontrol diri yang dimiliki pada siswa pengguna media sosial dengan cara memfokuskan diri, memberikan perhatian terhadap tugas yang sedang dikerjakan, sehingga tidak mudah dipengaruhi gangguan dari luar terutama media sosial.
Copyrights © 2021