Penelitian ini merupakan penelitian studi literature yang menganalisa dan mengkaji hasil dari penelitian terdahulu yang relevan dengan tema. Jenis penelitian yang dianalisa dan dikaji adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan mengenai efektifitas model problem based learning terhadap hasil belajar tematik di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penjabaran studi literatur ini, ditemukan bahwa penerapan model problem based learning memberikan manfaat positif bagi siswa. Hal ini dapat dilihat penerapan model problem based learning mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar mereka menjadi meningkat karena model ini model ini memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya, mengungkapakan pendapat, dan menjawab pertanyaan sehingga siswa terlibat lebih aktif di dalam proses pembelajaran. Melalui keaktifan siswa di dalam kegiatan pembelajaran tersebut pada akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penerapan model Problem Based Learning juga mampu menarik minat siswa dalam proses pembelajaran melalui penyajian masalah yang nyata dan relevan dengan kehidupan siswa serta diselesaikan melalui diskusi kelompok
Copyrights © 2021