Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran ini dengan menggunakan model Problem Based Learningadalah memeroleh suatu produk yang layak, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan model 4-D (Four-D Model) milik Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974) mengadopsi dari Ibrahim (2008).Prosedur pengembangannya terdiri dari 3 tahap yaitu tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop). Pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , Lembar Kerja Siswa, Bahan Ajar Siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat valid, dengan validasi RPP sebesar 80,6%, LKS sebesar 78,4%, BAS sebesar 80% dan THB sebesar 79% sehingga kevalidan seluruh perangkat pembelajaran memperoleh persentase sebesar 79,5%, dengan kriteria baik. Pada Tes Hasil Belajar siswa kelas kontrol mencapai ketuntasan 76%, sedangkan kelas eksperimen mencapai 90%.
Copyrights © 2021