JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Robiyono, Robiyono (Unknown)
Arafat, Yasir (Unknown)
Setiawan, Andi Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri di Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin dan mengetahui kendala serta solusi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri di Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjeki penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa yang berada di Gugus 4 Kecamatan Muara Telang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis mengacu pada pendapat Nasution (2002:129) yaitu (1) reduksi data; (2) model data (data display); (3) penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian didapat kondisi objektif tempat penelitian, profil SD segugus 4 Kecamatan Muara Telang yang meliputi keadaan siswa, keadaan guru, lulusan dan fasilitas sekolah. Kesimpulan penelitian ini memaparkan bahwa strategi kepala sekolah dalam upaya meningkakan mutu pendidikan SD Negeri di Kecamatan Muara Telang Kebupaten Banyuasin dapat dikelompokkan menjadi dua macan yaitu strategi secara formal dan non formal. Kendala yang dihadapi kepala sekolah ialah kurangnya penguasaan penggunaan laptop bagi guru. Solusi yang digunakan ialah meningkatkan pelatihan guru dalam penggunaan laptop sevagai alat bantu pekerjaan guru dan sebagai media pembelajaran di ruang kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...