Jurnal Basicedu
Vol 5, No 1 (2021): February 2021, Pages 1-445

Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Raka Hermawan Kaban (Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Dewi Anzelina (Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Reflina Sinaga (Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Patri Janson Silaban (Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pakem terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 047176 Sirumbia Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 047176 Sirumbia berjumlah 45 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel pourposive sampling dalam hal ini peneliti memilih kelas V yang berjumlah 21 orang untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif sejenis survey metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik hipotesis, teknik hipotesis yang digunakan adalah hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pakem memiliki rata-rata 24,19dengan kategori cukup dan hasil belajar memiliki 18,90 dengan kategori cukup hal ini didukung dengan hasil pengujian hipotesis uji t dimana nilai t_hitung>t_tabel yaitu sebesar 4,196 < 1,720, maka Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran pakem terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri 047176 Sirumbia Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...