Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020

Daya Tangkap Siswa SD dan Orangtua Terhadap Film Animasi Kubo and The Two Strings

Prihatiningtyas, Isna (Unknown)
Prasetyo, Singgih Adhi (Unknown)
Widyaningrum, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyimpangan moral dan karakter pada anak-anak usia sekolah dasar sehingga perlu adanya pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat agar menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film berkarakter, namun tetap dalam pengawasan orang tua dan guru dalam menonton tayangan televisi. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji 18 nilai-nilai karakter yang ada pada film animasi Kubo and the Two Strings. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Kubo and the Two Strings. Jenis penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian deskriptif data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar sehingga tidak menekankan pada angka. Subjek penelitian ini adalah siswa SD dan orangtua di Krajan Selatan 1 Mijen Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan didalam film animasi Kubo And The Two Strings dalam setiap tayangannya mengandung nilai karakter yang dapat ditangkap oleh siswa SD dan orangtua. Didalam film animasi Kubo and the Two Strings memiliki nilai-nilai karakter sebanyak enam nilai karakter. Enam nilai karakter tersebut yaitu (1) Nilai Karakter Disiplin, (2) Nilai Karakter Kreatif, (3) Nilai Karakter Mandiri, (4) Nilai Karakter Bersahabat/Komunikatif, (5) Nilai Karakter Cinta Damai, (6) Nilai Karakter Tanggung jawab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...