Era globalisasi telah menciptakan tantangan bagi semua jenis industri untuk berkompetisi, termasuk industri rumah sakit. Pembentukan hubungan yang kuat dengan pelanggan hingga terciptanya loyalitas merupakan faktor kunci bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan market share dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut beberapa literatur, loyalitas pelanggan rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya komunikasi dokter. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di ruang rawat inap RS Izza Cikampek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat analitik dengan desain penelitian berupa cross sectional kepada 400 orang pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di RS Izza Cikampek (p=0,000, OR=9,503). Oleh sebab itu sangat penting bagi manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas komunikasi dokter agar dapat menyelesaikan masalah penurunan loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut.
Copyrights © 2020