B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah
Volume 7, Nomor 2, Desember 2020

HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DOKTER DAN DOKTER GIGI DENGAN LOYALITAS PASIEN

Yashinta Octavian Setyanda (FK Unand)
Rizanda Machmud (Universitas Andalas)
Abdi Setya Putra (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Era globalisasi telah menciptakan tantangan bagi semua jenis industri untuk berkompetisi, termasuk industri rumah sakit. Pembentukan hubungan yang kuat dengan pelanggan hingga terciptanya loyalitas merupakan faktor kunci bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan market share dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut beberapa literatur, loyalitas pelanggan rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya komunikasi dokter. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di ruang rawat inap RS Izza Cikampek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat analitik dengan desain penelitian berupa cross sectional kepada 400 orang pasien.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi dokter dengan loyalitas pasien di RS Izza Cikampek (p=0,000, OR=9,503). Oleh sebab itu sangat penting bagi manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas komunikasi dokter agar dapat menyelesaikan masalah penurunan  loyalitas pasien terhadap rumah sakit tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bdent

Publisher

Subject

Dentistry

Description

Jurnal B-Dent (JBD) adalah jurnal kedokteran gigi yang mempublikasikan karya tulis ilmiah (berupa penelitian, laporan kasus dan tinjauan pustaka) yang berhubungan dengan seluruh bidang ilmu kedokteran gigi. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Baiturrahmah, Padang, Sumatera Barat dan dikelola ...