Journal on Education
Vol 2 No 3 (2020): Journal On Education: Volume 2 Nomor 3

Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Google Classroom Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota

Putri Umairah (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Zulfah Zulfah (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Pandemic covid-19 menyebabkan dilakukannya tindakan pencegahan dengan meliburkan sekolah terutama yang berada di zona merah penyebaran Covid-19. Bangkinang Kota salah satu zona merah yang mengharuskan sekolah dari KB sampai dengan perguruan tinggi meliburkan peserta didiknya. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses pembelajaran. Guru-guru yang biasanya mengajar di dalam kelas menjadi kebingungan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan guru adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik melalui via whatssap. Namun usaha tersebut kurang memotivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika dengan Metode Daring menggunakan Google Classroom pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota tahun ajaran 2019/2020, pada kelas XI IPS 4 yang mengikuti kelas Daring via Google Classroom berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 April 2020 sampai 15 Mei 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa Lembar Kuesioner pelaksanaan Kelas Online atau Kelas Daring. Berdasarkan analisis data diperoleh jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 17 orang, dan 1 orang peserta didik memiliki motivasi belajar matematika sedang setelah dilaksanakannya pembelajaran daring melalui google classroom ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...