Latar Belakang: Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis, maupun intelektual. Upaya kecakapan remaja dalam pencegahan HIV/AIDS penting untuk diperhatikan sebab ini dapat menekan laju pertumbuhan HIV/AIDS itu sendiri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kecakapan hidup (life skill) remaja dalam pencegahan HIV/AIDS. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif secara kuantitatif menggunakan rancangan cross sectional. Dilakukan dengan subjek penelitian 610 remaja SMK di Bandung yang ditentukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner Life Skill Training Questionaire High School dan analisa data dengan distribusi frekuensi. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan 52% remaja memiliki upaya kecakapan hidup yang baik dengan mean 90.63 ±10.79. Kesimpulan: Pihak sekolah perlu memberikan pengarahan, informasi, serta edukasi mengenai upaya kecakapan hidup bagi remaja agar memiliki upaya kecakapan hidup yang baik dalam pencegahan HIV/AIDS.
Copyrights © 2021