Jurnal Technopreneur (JTech)
Vol 9 No 1 (2021): JURNAL TECHNOPRENEUR (Mei)

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FITUR MIND MAP

Lanto Ningrayati Amali (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Media pembelajaran berfungsi sebagai pendorong motivasi siswa untuk belajar dan mempertinggi daya serap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran dengan fitur mind map. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Gorontalo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas x jurusan teknik komputer jaringan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model pembelajaran ADDIE dengan tahapan adalah analisis, desain, pembangunan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi serta angket penilaian dari ahli materi, ahli media dan pengguna (siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi sebesar 96%, presentase kelayakan menurut ahli media sebesar 91% serta respon pengguna sebesar 96.45%. Produk berupa media pembelajaran dengan fitur mind map pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar ini memiliki tingkat validitas kelayakan yang tinggi sesuai penilaian para ahli dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtech

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Energy Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal Technopreneur (Technology & Entrepreneur) adalah jurnal ilmiah tentang hasil-hasil penelitian dan pengetahuan sistematis tentang rekayasa dan teknologi, dalam bidang teknologi pertanian dan teknik mesin, Teknik Informatika dan Teknologi Hasil Pertanian. Terbit pertama kali tahun 2012 dengan ...