Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dalam Pelajaran IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda di SDN 1 Tanjunganom

Dena Hafifah (Unknown)
Dea Pujiasti (Unknown)
Widdy Sukma Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keterampilan proses sains yang terdiri dari tujuh indikator mengobservasi, mengklasifikasikan, mengukur, memprediksi, menggunakan alat dan bahan atau melakukan percobaan sederhana, mengomunikasikan, dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Tanjunganom. Hasil penelitian menunjukkan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Tanjunganom pada pokok pembahasan sifat dan perubahan wujud benda. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan data diperoleh hasil posttest thitung sebesar 6,100 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 dan untuk hasil post observasi thitung sebesar 4,529 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat mempengaruhi keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Tanjunganom.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...