Jurnal Sosioteknologi
Vol. 12 No. 28 (2013)

A COMPARATIVE STUDY OF ONLINE NEWS SITE SERVICE BASED ON CONSUMER PREFERENCE TO THE STUDENT OF TELKOM INSTITUTE OF MANAGEMENT IN 2011 (Objective of the Study: Detik.com, Kompas.com, Okezone.com, and Vivanews.com)

Siska Dea Purnama (Institut Teknologi Telekomunikasi Bandung)
Rah Utami Nugrahani (Institut Teknologi Telekomunikasi Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Pertumbuhan internet telah mengalami percepatan dalam berbagai aspek. Salah satu dampaknya adalah munculnya situs berita online. Pada tahun 1998, Detik.com dan Kompas.com muncul sebagai appiared jurnalisme online. Kemudian, pada tahun 2007 dan 2008, Okezone.com dan Vivanews.com menjadi pesaing besar di antara situs berita online di Indonesia. Empat dari situs-situs tersebut telah secara drastis mengubah peta industri di situs berita online. Ketika pengguna harus memilih situs, mereka menemukan kesulitan untuk membandingkan konten. Ini berarti bahwa berita online perlu memiliki preferensi mereka sendiri untuk bersaing satu dengan yang lain. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi E-service yang bergantung pada kemudahan penggunaan, ketersediaan sistem, keandalan, sifat responsif, dan kepercayaan. Di samping itu, akan digunakan juga E-qual yang mencakup aksesibilitas, navigasi, desain dan presentasi, isi dan tujuan, interaktivitas, kustomisasi, dan personalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati faktor preferensi pengguna dalam memilih situs berita online. Kami menggunakan atribut E-service dan e-qual, positioning peta kompetisi empat situs berita online, dan positioning strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis dilakukan melalui dua tahap observasi. Tahap pertama digunakan analisis faktor dengan tujuan mencari atribut yang telah digunakan oleh pengguna ketika mereka memilih situs yang menarik perhatian mereka. Jumlah responden, 150 orang. Untuk mengatur peta positioning, responden diambil melalui kenyamanan dengan pengambilan sampel dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, faktor preferensi konsumen dalam memilih situs berita online adalah kepercayaan, akses, desain website, akurasi, komunikasi, dan interaksi. Untuk peta positioning pertama, Detik.com menempati tempat teratas sebagai preferensi konsumen. Kompas.com menjadi yang terbaik pada akurasi berita, sementara Vivanews.com dipilih karena desain laman yang bagus, diikuti oleh desain laman Detik.com. Posisi terakhir adalah Okezone.com untuk semua faktor atribut preferensi. Layanan situs berita online membutuhkan keunikan dalam rangka memenangkan persaingan terberat antara ke-empat situs berita online. Kata Kunci: Konsumen Preferensi, Situs Berita Layanan Online, E-Service, E-Qual, Analisis Faktor, MDS. The growth of internet has been in acceleration in various aspects. One of the impacts is the appearance of online news site. In 1998, Detik.com and Kompas.com appeared as the appiared of online journalism. Then, in 2007 and 2008, Okezone.com and Vivanews.com made a great competition among Indonesian online news site. Four of the sites have transformed the industrial map drastically in online news sites. When the users have to choose the site, they find difficulties to compare the content. It means that news online need to have their own preference to compete with each other. The variable used in this research is E-service dimension that relies on ease of use, system availability, reliability, responsiveness, and trust. In addition, it will also use E-qual that covers accessibility, navigation, design and presentation, content and purpose, interactivity, customization, and personalization. The purpose of this research is to observe the users preference factors in selecting online news sites. We use e-service and e-qual attributes, positioning map of four online news site competitions, and positioning strategy. This research used the descriptive method. The analysis was done through two observation stages. The first stage used factor analysis on a purpose of finding the attributes that have been used by the users when they were selecting the sites they are interested in. The total respondent is 150 people. To arrange the positioning map, the respondents were taken through convenience with modified sampling. Based on the research, the consumer preference factors in choosing the online news site are trust, access, website design, accuracy, communication, and interaction. For the first positioning map, Detik.com is placed at the top of consumers' preterence. Kompas.com goes at the best of news accuracy, while Vivanews.com voted because of its marvelous website design, followed by Detik.com website design. The last position is Okezone.com for all attributes preference factors. The service of online news site requires the uniqueness in order to win the toughest competition among four all online news sites. Keyword: Consumer Preference, Online News Site Service, E-Service, E-Qual, Factor Analysis, MDS.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sostek

Publisher

Subject

Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and ...